Gambarmobil-id.blogspot.com - Knalpot merupakan bagian kendaraan yang sangat penting. Benda yang berguna membuang gas sisa pembakaran pada mesin
sekaligus meredam bunyi yang dihasilkan kinerja mesin juga merupakan
salah satu penentu performa mobil. Jika anda berpikir bahwa fungsi knalpot hanyalah untuk
menyalurkan gas buang dari kendaraan ternyata tidak 100% benar. Karena
dengan memilih knalpot yang tepat, bisa meningkatkan tenaga dan performa
mesin mobil, serta menghasilkan suara yang lebih galak dan powerful.
Begitu pun sebaliknya, jika menggunakan knalpot dengan
ukuran dan material yang tidak sesuai dengan spesifikasi mobil,
kemungkinan akan menimbulkan berbagai masalah. Maka sebelum mendapat
masalah, usahakan untuk memilih knalpot yang tepat.
Pada mobil-mobil keluaran terbaru,
knalpot sudah dilengkapi catalytic converter yang merubah karbon monoksida yang beracun menjadi karbon dioksida dan uap air.
Knalpot
sebaiknya mempunyai diameter yang pas dengan tenaga yang dihasilkan
mesin dan mempunyai tekukan yang tidak 'patah' sehingga mendapatkan back pressure dan
tenaga yang optimal. yang harus diperhatikan dalam penggantian diameter
pipa knalpot adalah penyesuaian besarnya diameter lubang pipa knalpot
dengan tenaga mesin yang dikeluarkan. Jika diameter terlalu besar maka
tenaga terasa hilang, sebaliknya jika terlalu kecil maka tenaga akan
tertahan di knalpot.
Selain untuk performa, knalpot juga sering dijadikan alternatif untuk aksesoris mobil, dari yang custom sampai produk aftermarket.
Hal ini menyebabkan banyaknya jenis-jenis knalpot yang beredar di
pasaran, hal-hal yang perlu Anda perhatikan dalam penggantian knalpot
adalah;
- Diameter pipa knalpot jika Anda ingin lebih
mengeksplorasi performa mobil. Hal ini tergantung spesifikasi dan
hitungan mesin. Sebagai contoh mesin Anda 4A-FE, ubahan yang Anda
lakukan terhadap mesin adalah Porting n Polishing, slipped head 0,4mm, menaikan durasi camshaft menjadi 280 derajat, dan memasang piggyback, maka diameter knalpot yang cocok untuk mobil Anda adalah 1,8 - 2 inci (untuk mobil dengan bantuan tenaga induksi seperti turbocharger disarankan berdiameter paling tidak 2 inci atau lebih besar, dikarenakan prinsip turbocharger itu sendiri yang membutuhkan aliran gas buang yang relatif lebih besar). Hal ini juga berlaku pada bagian Header knalpot, diameter, panjang, dan tipe konfigurasi yang optimal tergantung sejauh mana Anda meng-upgrade mesin Anda.
- Pakailah elbow untuk bagian pipa yang ditekuk, seperti yang The Architech sampaikan
pada awal artikel, jangan asal mengelas atau membentuk tekukan 'patah'
karena hal ini bisa menghambat aliran gas buang mesin Anda, hasilnya
tenaga akan terhambat/ tertahan, jika sudut elbow tidak mendukung, sambung elbow dengan las-an yang benar dan tidak menekuk.
- Untuk
ukuran ujung knalpot sebaiknya disesuaikan dengan diameter pipa
knalpot, misalnya ukuran diameter pipa knalpot anda 1,8 inci maka ukuran
inlet dari knalpot minimal harus memiliki ukuran yang sama atau
lebih besar kecuali Anda berniat untuk mengaplikasikan model pipa dari downpipe hingga ujung knalpot atau biasa disebut straight pipe (tidak disarankan untuk mobil bertransmisi matic, karena langkah upgrade knalpot dengan level ringan cukup dengan penggantian header dengan perhitungan yang pas). Untuk soal bentuk dan brand kembali ke selera masing-masing.
- Bahan pipa yang digunakan, ada besi hitam, besi biasa, galvanis, stainless steel, dan titanium. Hanya berbeda kualitas, tentu saja yang paling baik adalah titanium karena
durasinya yang tahan lebih lama dari yang lain dan bobotnya yang paling
ringan. (jika Anda tidak menggunakan untuk kompetisi, maka hal ini
tidak begitu penting kecuali Anda ingin lebih menonjolkan sisi
estetika).
- tabung resonator, prinsip kerjanya adalah
menentukan refleksi gelombang dari bunyi dasar suara knalpot yang
memantulkan suara tergantung panjang atau pendeknya tabung ini.
Selama Anda melakukan upgrade dengan
benar, maka tenaga pasti akan optimal dan konsumsi bahan bakar juga
akan efisien. sejauh ini peningkatan tenaga paling optimal yang
dihasilkan dari knalpot bisa mencapai sekitar 5 -10% dari tenaga
standard mobil Anda.
Sumber: http://speedarchitech.com
Sekian update informasi kali ini seputar Tips Memilih Knalpot Mobil Terbaik. Semoga bermanfaat dan dapat menjadi referensi anda yang sedang ingin membeli knalpot untuk mobil kesayangan anda. Salam.