Saturday, July 12, 2014

Tips Memilih Knalpot Mobil Terbaik Sesuai Fungsinya 2014

Tips Memilih Knalpot Mobil Terbaik Sesuai Fungsinya 2014

Gambarmobil-id.blogspot.com - Knalpot merupakan bagian kendaraan yang sangat penting. Benda yang berguna membuang gas sisa pembakaran pada mesin sekaligus meredam bunyi yang dihasilkan kinerja mesin juga merupakan salah satu penentu performa mobil. Jika anda berpikir bahwa fungsi knalpot hanyalah untuk menyalurkan gas buang dari kendaraan ternyata tidak 100% benar. Karena dengan memilih knalpot yang tepat, bisa meningkatkan tenaga dan performa mesin mobil, serta menghasilkan suara yang lebih galak dan powerful.


Begitu pun sebaliknya, jika menggunakan knalpot dengan ukuran dan material yang tidak sesuai dengan spesifikasi mobil, kemungkinan akan menimbulkan berbagai masalah. Maka sebelum mendapat masalah, usahakan untuk memilih knalpot yang tepat.

Pada mobil-mobil keluaran terbaru, knalpot sudah dilengkapi catalytic converter yang merubah karbon monoksida yang beracun menjadi karbon dioksida dan uap air.

Knalpot sebaiknya mempunyai diameter yang pas dengan tenaga yang dihasilkan mesin dan mempunyai tekukan yang tidak 'patah' sehingga mendapatkan back pressure dan tenaga yang optimal. yang harus diperhatikan dalam penggantian diameter pipa knalpot adalah penyesuaian besarnya diameter lubang pipa knalpot dengan tenaga mesin yang dikeluarkan. Jika diameter terlalu besar maka tenaga terasa hilang, sebaliknya jika terlalu kecil maka tenaga akan tertahan di knalpot.

Selain untuk performa, knalpot juga sering dijadikan alternatif untuk aksesoris mobil, dari yang custom sampai produk aftermarket. Hal ini menyebabkan banyaknya jenis-jenis knalpot yang beredar di pasaran, hal-hal yang perlu Anda perhatikan dalam penggantian knalpot adalah;
  1. Diameter pipa knalpot jika Anda ingin lebih mengeksplorasi performa mobil. Hal ini tergantung spesifikasi dan hitungan mesin. Sebagai contoh mesin Anda 4A-FE, ubahan yang Anda lakukan terhadap mesin adalah Porting n Polishing, slipped head 0,4mm, menaikan durasi camshaft menjadi 280 derajat, dan memasang piggyback, maka diameter knalpot yang cocok untuk mobil Anda adalah 1,8 - 2 inci (untuk mobil dengan bantuan tenaga induksi seperti turbocharger disarankan berdiameter paling tidak 2 inci atau lebih besar, dikarenakan prinsip turbocharger itu sendiri yang membutuhkan aliran gas buang yang relatif lebih besar). Hal ini juga berlaku pada bagian Header knalpot, diameter, panjang, dan tipe konfigurasi yang optimal tergantung sejauh mana Anda meng-upgrade mesin Anda.
  2. Pakailah elbow untuk bagian pipa yang ditekuk, seperti yang The Architech sampaikan pada awal artikel, jangan asal mengelas atau membentuk tekukan 'patah' karena hal ini bisa menghambat aliran gas buang mesin Anda, hasilnya tenaga akan terhambat/ tertahan, jika sudut elbow tidak mendukung, sambung elbow dengan las-an yang benar dan tidak menekuk.
  3. Untuk ukuran ujung knalpot sebaiknya disesuaikan dengan diameter pipa knalpot, misalnya ukuran diameter pipa knalpot anda 1,8 inci maka ukuran inlet dari knalpot minimal harus memiliki ukuran yang sama atau lebih besar kecuali Anda berniat untuk mengaplikasikan model pipa dari downpipe hingga ujung knalpot atau biasa disebut straight pipe (tidak disarankan untuk mobil bertransmisi matic, karena langkah upgrade knalpot dengan level ringan cukup dengan penggantian header dengan perhitungan yang pas). Untuk soal bentuk dan brand kembali ke selera masing-masing.
  4. Bahan pipa yang digunakan, ada besi hitam, besi biasa, galvanisstainless steel, dan titanium. Hanya berbeda kualitas, tentu saja yang paling baik adalah titanium karena durasinya yang tahan lebih lama dari yang lain dan bobotnya yang paling ringan. (jika Anda tidak menggunakan untuk kompetisi, maka hal ini tidak begitu penting kecuali Anda ingin lebih menonjolkan sisi estetika).
  5. tabung resonator, prinsip kerjanya adalah menentukan refleksi gelombang dari bunyi dasar suara knalpot yang memantulkan suara tergantung panjang atau pendeknya tabung ini.
Selama Anda melakukan upgrade dengan benar, maka tenaga pasti akan optimal dan konsumsi bahan bakar juga akan efisien. sejauh ini peningkatan tenaga paling optimal yang dihasilkan dari knalpot bisa mencapai sekitar 5 -10% dari tenaga standard mobil Anda.

Sumber: http://speedarchitech.com

Sekian update informasi kali ini seputar Tips Memilih Knalpot Mobil Terbaik. Semoga bermanfaat dan dapat menjadi referensi anda yang sedang ingin membeli knalpot untuk mobil kesayangan anda. Salam.

No comments:

Post a Comment